Oleh: rio Santoso | Desember 27, 2008

Reverse Osmosis

Saat ini air minum reverse osmosis sedang naik daun. Banyak penjual air minum isi ulang yang ditinggal pelanggannya karena diketahui kualitas air minum yang dijualnya buruk. Buat apa mengorbankan kesehatan demi beda harga air minum yang tidak seberapa? Lalu mulai bermunculan penjual atau depot air minum isi ulang dengan menggunakan metode reverse osmosis. Apa sih arti reverse osmosis itu sendiri?

Sebelum menjawab arti reverse osmosis, kita bahas dulu arti osmosis itu sendiri. Kembali ke pelajaran waktu dibangku SD, “anak-anak.. air dari dalam tanah dihisap oleh akar tanaman dengan proses osmosis, lalu diangkut menuju daun dan kemudian berlangsunglah proses fotosintesis”… Saat itu, mungkin istilah itu hanya kita hapal tanpa kita pahami lebih lanjut. Nah, mungkin sekarang waktu nya kita cari pemahamannya, Osmosis adalah proses difusi sebuah cairan (kebanyakan air) melalui membran semi-permeable, cairan tersebut mengalir dari larutan berkonsentrasi rendah (berarti memiliki kadar air yang lebih tinggi) menuju larutan berkonsentrasi tinggi (berarti memiliki kadar air yang lebih rendah). Jadi, osmosis merupakan proses fisik perpindahan cairan melewati membran semi-permeable dari dua larutan yang memiliki beda konsentrasi, tanpa bantuan energi dari luar, bahkan proses osmosis merupakan bentuk pelepasan energi.

Nah, berarti reverse osomosis adalah bentuk proses kebalikan dari proses osmosis tadi. Reverse osmosis merupakan proses perpindahan cairan (air) melalui membran semi-permeable, (bedanya dengan proses osmosis adalah) cairan mengalir dari larutan berkonsentrasi tinggi menuju berkonsentrasi rendah, alias proses penyaringan atau filtrasi, air boleh lewat tapi ampasnya jangan. Karena proses ini kebalikan dari proses osmosis, maka proses reverse osmosis membutuhkan anergi dari luar, yaitu sebuah pompa untuk menaikkan tekanan di satu sisinya sehingga mampu mendorong air untuk melewati membran tersebut.

Seperti ini diagram reverse osmosis :

diagram reverse osmosis

diagram reverse osmosis

Larutan dengan konsentrasi tinggi (air plus pengotor-pengotornya) didorong menuju membran RO (yang merupakan saringan/filter), namun karena ukuran lubang-lubang pada membran hanya sebesar 0,0006 mikron (dimana 1 mikron = 1/1000 mm), maka hanya air murni (H2O) saja yang dapat melewatinya. Pengotor-pengotor nya akan tersaring dan terbuang.

Semoga pengetahuan ini bermanfaat.

Referensi :

1| Wikipedia    2| Carolina water conditioner


Responses

  1. harap lebih lengkap lagi pengetahuan seputar teknologi RO ini, dimulai dari sejarahnya,perkembangannya hingga cara kerja dari teknologi RO ini dari mulai yang sederhana hingga kerumitannya. keuntungan dan kekuranganna serta pemeliharaannya.

  2. terima kasih …. tulisannya sangat barmanfaat.
    mohon ijin copas sana-sini untuk dibagi di wall fb/nurcahyo.tea


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: